10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia. Setiap orang tentunya menginginkan kehidupan yang mapan dengan gaji yang tinggi. Seperti yang telah diulas sebelumnya, setiap orang bisa untuk mendapatkan gaji yang tinggi hanya saja tergantung perusahaan yang dibidiknya serta daerah tempat seseorang tinggal.

Selain dua hal tersebut, di Indonesia sendiri terdapat standar gaji yang disesuaikan dengan profesi yang dilakoninya. Biasnaya profesi tersbeut gajinya tidak akan berubah walaupun berada di daerah yang memiliki UMR rendah.

Jika Anda ingin mengetahui, pekerjaan apa saja yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia, berikut akan kami paparkan ulasannya di bawah ini!

1. Ahli Konstruksi

Pekerjaan ahli konstruksi

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia salah satunya bisa Anda temukan pada seseorang yang bekerja sebagai ahli konstruksi.

Semakin lama bidang konstruksi ini berkembang lebih baik sehingga mampu memberikan jani yang terbaik pada lulusannya yang mempelajari ranah ini.

Baca juga : Cara Mengukur Berapa Gaji yang Pantas untuk Pekerjaan Anda

Di Indonesia, seorang project manager ahli konstruksi diberi gaji dari perusahaannya sebesar Rp 30 juta hingga Rp 70 juta per bulannya.

Gaji tersebut wajar diberikan mengingat tugas yang diembannya pun cuku berat. Para ahli konstruksi harus bisa membuat timnya untuk tetap solid, mampu mengontorl budget proyek, serta memonitor proyek tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Wilayah provinsi DKI Jakarta sendiri sudah memberikan contoh yang manusiawi terhadap pemberian gaji tersebut. berdasarkan surat edaran dari Menteri pekerjaan umum Indonesia bulan Maret 2013.

Seorang ahli konstruksi lulusa S1 tanpa pengalaman bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 20 juta. Sedangkan untuk ahli konstruksi dengan latar belakang Pendidikan S3 dan sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, gaji yang diterimanya bisa mencapai Rp 60 juta per bulan.

2. Chief Executive Officer

Menjadi CEO

Pekerjaan berikutnya dengan gaji tertinggi adalah Chief Executive Officer atau lebih dikenal dengan nama CEO. CEO merupkan jabatan tertinggi pada struktur pejabat eksekutif yang biasanya ditunjuk langsung oleh dewan direksi di sebuah perusahaan.

Tugas CEO ini jelas saja tidak main-main, ada beban yang dipikulkan pada pundaknya, yaitu ;

  • Membangun dan Membina Hubungan dengan Tim
  • Membuat aturan dengan bijak sesuai porsi dan kemampuan tim
  • Terus Mengupgrade Diri dan belajar sesuatu yang baru untuk kemajuan perusahaan
  • Mampu memecahkan masalah di perusahaan bijak
  • Memberikan apresiasi untuk para karyawan yang mampu memberikan kinerja yang lebih untuk perusahaan.

Karena tugasnya yang begitu berat, di Indonesia sendiri untuk seorang CEO diberikan gaji sebesar Rp 37,5 juta hingga Rp 80 juta per bulan seperti yang dilakukan oleh PT Garuda Indonesai Tbk. Gaji tersebut biasanya belum termasuk tunjangan dan bonus lainnya.

Baca juga : 15 Tips Terbaik Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Di Indonesia boleh jadi gaji ini terlihat besar, namun di luar negeri gaji tersebut masih terlalu kecil karena gajinya pun melebihi angka tersebut.

3. Ahli Teknik Informatika

Seorang ahli IT

Dengan kecanggihan teknologi di zaman ini, semakin banyak perusahaan yang memerlukan tenaga dalam bidang Teknik informatika.

Sayangnya, di Indonesia sendiri SDM yang ahli di bidang tersebut masih sangat sedikit. Karenanya pihak perusahaan pun memberikan gaji yang cukup tinggi mengingat jobdesk yang dilakukannya pun cukup beragam, seperti ;

  • Melakukan analisa dan evaluasi terhadap sistem informasi di organisi
  • Melakukan pengkajian terhadap dokumentasi sistem dan pustaka/referensi lainnya yang terkait.
  • Melakukan analisa kebutuhan sistem.
  • Menyusun rancangan tahapan pengembangan sistem informasi/aplikasi.
  • Menyusun usulan pemilihan platform teknologi, framework, dan spesifikasi teknis terkait dengan pembangunan/pengembangan sistem/aplikasi.
  • Menyusun rancangan sistem keamanan informasi dan jaringan beserta dengan rencana implementasinya.
  • Menyusun rancangan sistem jaringan dan infrastruktur berikut dengan spesifikasi perangkat yang dibutuhkan

Gaji yang diberikan oleh pihak perusahaan pun pada seorang ahli Teknik informatika sub divisi IT Manager, yaitu Rp 16 juta sampai 32.5 juta per bulan. Sedangkan untuk senior software developer gaji yang diterimanya Rp 12- 14 juta per bulan dengan pengalamn kerja lebih dari dua tahun.

Sedangkan untuk fresh graduate bisa mengantongi gaji sebesar Rp 5 sampai Rp 7 juta sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan perusahaannya.

4. Dokter Spesialis

Profesi Dokter Spesialis

Gaji tertinggi di Indonesia berikutnya adalah dokter spesialis. Di Indonesia memang belum ada standar yang sama untuk gaji dokter spesialis di rumah sakit swasta dan rumah sakit pemerintah.

Di rumah sakit pemerintah seorang dokter spesialis diigaji sebesar Rp 10 juta per bulan, sudah termasuk gaji pokok, jasa kunjungan pasien, dan insentif.

Sedangkan dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit umum hanya dibayar Rp 4,8 juta per bulan. Dan untuk dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit swasta gajinya bisa mencapai minimal Rp 50 juta perbulannya.

Hal tersebut dikarenakan kebijakan direktur rumah sakit yang berada di rumah sakit tersebut. Yang pasti, profesi dokter di Indonesia cukup menjanjikan dan juga bergengsi serta masih menjadi profesi yang diidam-idamkan warga Indonesia.

5. Ahli Pertambangan

Ahli pertambangan

Pada umumnya tugas yang dilakukan oleh para ahli Teknik pertambangan dan logam adalah sebagai berikut;

  • Mengerjakan tugas-tugas teknis untuk membantu dalam meneliti dan melakukan percobaan yang berkaitan dengan logam
  • Memperbaiki metode tentang penggalian tambang benda-benda padat, minyak, dan gas
  • Mengonstruksi, mengoperasikan, memelihara, dan memperbaiki tambang serta memasang tambang tersebut.
  • Mengangkut dan menyimpan minyak dan gas alam untuk penyulingan bahan logam dari biji besi.

Begitu kompleksnya tugas tersebut serta resiko pekerjaannnya pun cukup tinggi, maka sangat pantas untuk para ahli pertambangan digaji dengan tinggi, yaitu berkisar antara 11 juta -Rp 12 juta perbulannya untuk fresh graduate.

Sedangkan untuk level menengah dan senior gaji yang diterimanya bisa mencapai 32 juta per bulan mengingat ilmu yang didapat sudah cukup banyak serta pengalaman yang cukup lama mendalami bidang tersebut.

6. Ahli Perminyakan

berprofesi sebagai ahli perminyakan

Pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia berikutnya adalah ahli perminyakan. Seseorang yang bekerja di bidang ini harus siap pergi dari rumah jauh dari keluarga dengan waktu yang tidak menentu.

Harus pergi dari rumah karena memang tempat kerjanya di kilang-kilang minyak yang sangat jauh dari rumah. Bahkan kilang minyak tersbut posisinya ada di tempat yang sangat terpencil dan jauh dari pemukiman.

Oleh karenanya, sangat wajar bila gaji yang diterima para ahli perminyakan ini begitu tinggi sehingga walaupun pekerjaannya penuh resiko banyak orang yang memimpikan untuk bekerja di peruman minyak seperti PT Pertamina, perusahaan minyak internasional chevron, dan perusahaan Total Oil Indonesia.

Adapun gaji yang diterima oleh para pegawainya adalah Rp 8 juta sampai 15 juta per bulan untuk fresh graduate. Dan untuk level menengah serat senior, gaji yang diterimanya mencapai Rp 30 juta hingga Rp 32,5 juta per bulannya.

Dari kacamata penduduk Indonesia, gaji tersebut jelas sangat fantastis. Namun, di mata luar negeri gaji tersebut masih cukup kecil.

7. Human Resources Department

Seorang HRD

Human Resources Department atau yang populer dengan nama HRD ini termasuk salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi. Hal itu sangat wajar dan pantas diberikan mengingat tugas dan tanggung jawab yang diemban pun cukup tinggi yaitu sebagai berikut;

  • Bertanggung jawab untuk melakukan rekruitmen dan seleksi calon karyawan baru
  • Bertugas untuk mengembangkan dan memberikan pelatihan karyawan
  • Menjaga hubungan antar karyawan
  • Mengevaluasi tingkat kehadiran karyawan
  • Memberikan kompensasi dan perlindungan setiap karyawan

Di Perusahaan Kalbe farma misalnya, gaji seorang manajer HRD yang didapatnya mencapai Rp 32,5 juta. Sedangkan di PT. Indofood gaji yang didapat oleh mereka bisa mencapai 55 juta setiap bulannya.

Semakin tinggi level perusahaannya, maka gaji yang didapat oleh HRD pun akan semakin besar pula.

Bila dikaji dari jobdesk yang ada, HRD bertanggung jawab untuk membina dan membentuk SDM yang berkualitas serta displin sehingga mampu membuat perusahaan berkembang lebih baik lagi.

8. Pilot Pesawat

Pilot Pesawat terbang

Siapa yang tidak tergiur dengan profesi ini, Ya, sebiah profesi bergengsi baik di dalam maupun luar negeri. Sebagai seorang pilot secara kasat mata, Anda bebas terbang ke daerah maupun negara manapun.

Namun, dibalik profesi yang ‘’terlihat enak’’ tersebut memiliki resiko yang cukup besar dimana, pilot harus bisa berkonsentrasi menerbangkan pesawat dengan baik. Karena seorang pilot sedang membawa puluhan atau bahkan ratusan nyawa yang akan pergi ke suatu tempat.

Maka dari itu, gaji yang diterima seorang pilot pun cukup tinggi, yaitu Rp 47, 5 per bulan untuk pilot yang bekerja di maskapi Air Asia. Sedangkan gaji yang diterima oleh pilot di maskapai Garuda Indonesia, gaji yang diterimanya yaitu Rp 44,8 juta per bulan.

Sedangkan Lion Airlines memberikan gaji untuk pilotnya sebesar Rp 15, 7 juta per bulan. Adapun untuk maskapai komersial seperti Pelita Air Services, pesawat carteran, dan helicopter gaji yang diterima oleh pilotnya adalah sebesar Rp 25,5 juta.

9. Anggota DPR

Anggota DPR

Berikutnya, pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau dikenal dengan DPR.

Perlu diketahui bersama, bahwasannya gaji anggota DPR di Indonesia ini cukup tinggi dan mendudki peringkat ke-4 terbesar di dunia.

Gaji pokok yang diterima oleh anggota DPR sebesar Rp 15 juta belum ditambah dengan tunjangan lainnya hingga total keseluruhan yang didapat mencapai Rp 46 juta perbulan.

Sungguh, sebuah angka yang cukup fantastis dimana harapan rakyat pun bertumpu pada mereka untuk menyuarakan aspirasinya.

Walaupun pekerjaan yang diemban cukup berat, banyak pula yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kursi di DPR tersebut.

Maka tidak heran, ada banyak cara yang dilakukan oleh calon-calon anggota dewan untuk duduk di kursi tersebut, yaitu dengan cara merebut hati rakyatnya sesuai dengan daerah pemilihannya.

10. Pengacara

Pekerjaan menjadi seorang pengacara

Pekerjaan berikutnya dengan gaji yang cukup tinggi adalah dengan menjadi pengacara. Gaji yang biasa diterima oleh mereka Rp 24,6 juta per bulan belum termasuk komisi dari klien yang angkanya pun biasanya cukup fantastis.

Selain itu pengacara akan mendapatkan bayaran yang cukup tinggi dari perusahaan, Lembaga, atau menangani kasus artis.

Baca juga : Standar UMP/ UMR DKI Jakarta Terbaru

Gaji yang diterima tersebut sangatlah wajar dan sebanding dengan pekerjannya yang membantu klien untuk terbebas dari hukum atau untuk menyelesaikan masalah hukum yang terkadang memiliki masalah yang cukup kompleks dan rumit.

Penutup

Nah, itulah dia 10 pekerjaan di Indonesia dengan gaji tertinggi. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan lebih baik lagi.

Scroll to Top