10 Tips Menjadi Atasan yang Mampu Memotivasi Karyawan

Menjadi atasan yang memotivasi

Motivasi tentu selalu Anda cari untuk dijadikan penyemangat semua kegiatan dalam keseharian. Jika pada kendaraan bermotor, motivasi bagaikan oli yang menjadikan lancarnya kerja mesin pada kendaraan tersebut. Demikian pula dengan karyawan di suatu perusahaan, membutuhkan motivasi agar semangat kerja timbul dan membuat mereka merasa senang dalam bekerja, dan ini adalah peran seorang atasan / BOS untuk memotivasi karyawan.

Untuk anda yang menjadi seorang atasan, layaknya berikan motivasi yang maksimal untuk karyawan anda. Motivasi karyawan sendiri tidak selalu mengenai materi, namun banyak hal yang dapat menumbuhkan karyawan yang merasa termotivasi untuk bekerja dengan giat.

Menjadi pemimpin harus mampu memotivasi bawahannya, itu adalah salah satu kriteria dari seorang pemimpin yang disukai bawahan.

Berikut beberapa tips untuk memberi motivasi karyawan anda :

#1. Beri penjelasan karyawan mengenai jenjang karir

Setiap karyawan pasti berharap mendapatkan promosi jabatan atau biasa disebut kenaikan jabatan. Berikan janji nyata pada mereka tentang itu. Namun dengan begitu tak lantas anda tinggal diam sebagai atasan, motivasi karyawan anda dengan pelatihan demi kemajuan pengetahuan untuk karir karyawan anda.

Menjadi atasan yang memotivasi

Dengan begitu karyawan akan selalu memiliki semangat dalam kerja, karena mereka akan berpikir untuk bagaimana caranya memiliki jabatan lebih dari sebelumnya. Selain itu kenaikan jabatan atau pergantian jabatan juga membuat karyawan tidak bosan dalam bekerja.

#2. Bangun kepercayaan

Layaknya menjalin hubungan rumah tangga, hubungan antara anda dan karyawan juga tak boleh lepas dari rasa saling percaya. Karena hal tersebut menjadi hal penting untuk terbangunnya suatu perusahaan dengan tim yang kuat. Dengan adanya kepercayaan antara anda dan karyawan juga akan membuat suasana dalam bekerja akan menjadi lebih menyenangkan.

Salah satu yang perlu dihindari untuk mendapatkan itu adalah dengan hindari menggosip tentang karyawan begitu juga sebaliknya. Selain itu jangan pernah berbohong menyangkut tentang pekerjaan. Dan masih banyak lagi hal yang bisa anda lakukan untuk membangun kepercayaan tersebut.

#3. Beri apresiasi sekalipun itu hal kecil

Jangan pernah anda sebagai atasan hanya menindas karyawan dengan pekerjaan tanpa adanya apresiasi di dalamnya. Sesekali anda perlu berikan apresiasi walaupun hanya sebatas hal sederhana. Selalu ikuti perkembangan positif karyawan anda, agar anda tahu persis bagaimana seharusnya anda mengapresiasinya.

Bentuk apresiasi sekecil apapun akan membuat karyawan termotivasi untuk selalu meningkatkan hasil kerjanya. Motivasi karyawan yang satu ini seharusnya tidak boleh anda acuhkan, karena tentunya karyawan sangat berharap mendapatkan sesuatu yang pantas untuknya jika melakukan hal positif untuk perusahaannya.

#4. Menerima dan menghargai ide baru karyawan

Suatu perusahaan tentunya dituntut selalu bisa mengeluarkan inovasi baru, tanpa adanya karyawan yang kreatif dan inovatif hal tersebut akan mustahil didapatkan. Dengan begitu jangan pernah anda remehkan ide baru yang disampaikan karyawan anda untuk perusahaan.

Cobalah untuk selalu menerima ide tersebut, tentunya dengan dicerna setelahnya. Siapa tahu dengan ide baru tersebut, dapat membuat perusahaan anda menjadi berkembang lebih. Jika hal tersebut bisa anda terapkan, tak akan khayal jika karyawan akan terus termotivasi dalam bekerja.

#5. Bantu karyawan untuk berkembang dan belajar

Karyawan tentunya bukan musuh bagi anda sebagai atasan. Mereka tentunya memiliki keunikan dengan kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Jadikan sebagai salah satu keragaman dalam perusahaan anda.

Selain itu jangan pernah anda merasa terancam dengan karyawan yang memiliki kemampuan lebih di bidangnya dibandingkan dengan kemampuan anda. Dorong karyawan untuk selalu berkembang dan belajar dalam bidang tersebut. Dengan itu karyawan akan merasa selalu termotivasi akan kemampuannya dan pasti akan bermanfaat untuk perusahaan.

#6. Berusahalah agar menjadi panutan

Tentunya panutan di sini adalah hal positif yang harus dilakukan. Berilah contoh baik untuk karyawan anda dengan selalu menjaga perilaku di dalam maupun di luar perusahaan. Karena sebagai seorang atasan pasti anda akan selalu mendapatkan perhatian lebih dari karyawan anda.

Memang untuk menjadi seorang yang di anggap panutan tidak mudah dilakukan. Tapi bukan berarti hal tersebut tidak dapat anda lakukan, karena menjadi panutan bisa dimulai dari hal sederhana sekalipun. Semisal, berangkatlah sebelum jam aktif perusahaan, tidak melakukan hal negatif di luar perusahaan (minum miras, pergi diskotik, dan lain-lain), dan masih banyak lagi lainnya.

#7. Sesekali  atur jadwal untuk refreshing karyawan bersama

Hal ini juga sangat penting diterapkan dalam suatu perusahaan. Tidak lain tidak bukan anda sebagai atasan akan selalu membutuhkan kinerja maksimal dari karyawan untuk menjalankan perusahaan. Dimana dengan karyawan yang bekerja maksimal akan memberikan feedback yang baik pula untuk perusahaan anda.

Dengan begitu sesekali perlu ditetapkan jadwal piknik atau refreshing keluarga besar perusahaan anda. Hal tersebut akan tentunya bukan hal yang berat untuk anda terapkan apabila memang akan menjadi baiknya untuk karyawan anda. Motivasi karyawan yang satu ini memang tidak dimiliki setiap perusahaan, namun tidak ada salahnya anda terapkan mengingat hasilnya akan baik pula untuk perusahaan anda.

#8. Jaga hubungan sosial dengan karyawan

Di dalam perusahaan memang anda dituntut memiliki sikap dan sifat profesionalisme. Namun bukan berarti dengan itu membuat anda dan karyawan anda memiliki kerentanan dalam hubungan sosial. Dimaksudkan di sini, hubungan sosial tetap harus anda jaga agar karyawan selalu terbuka kepada anda sebagai atasan.

Tentu dengan begitu akan membawa dampak baik bagi perusahaan anda. Karena dengan hubungan sosial yang baik, motivasi karyawan akan terpacu dan membuat anda memiliki saudara lain selain saudara sedarah.

#9. Jadikan suasana kerja selalu positif

Sebagai atasan tentunya anda berharap karyawan bekerja dengan maksimal. Hal tersebut tidak akan lepas dari bagaimana caranya memberikan motivasi karyawan anda dengan hal-hal positif pula. Membuat suasa kerja menyenangkan dan positif juga menjadi salah satu faktor pendukung untuk mendapatkan hasil kerja karyawan yang maksimal.

Untuk menghadirkan suasana kerja yang positif juga perlu dibekali dengan pemikiran yang positif terlebih dahulu. Sebagai atasan hal tersebut sebaiknya anda miliki, karena dengan pikiran yang positif untuk mendapatkan suasana kerja yang positif pula tidaklah menjadi hal yang sulit.

#10. Bebaskan karyawan untuk mendapatkan motivasinya

Contoh kecilnya untuk mendapatkan motivasi karyawan yang baik dan maksimal, adalah bebaskan mereka untuk menata meja kerja sesuai kemauan mereka. Karyawan tentunya yang berposisi sebagai staf atau yang biasanya berkutat seharian di meja kerjanya, akan merasa jenuh apabila meja kerjanya tidak sesuai dengan jati dirinya.

Maka sebaiknya bebaskan mereka untuk menata meja kerjanya sesuai kemauan mereka. Dengan begitu motivasi karyawan anda akan selalu terjaga dengan baik karena hal sepele tersebut. Selain itu masih banyak pula yang membuat nya merasa termotivasi seperti membawa hewan peliharaan tentunya selama itu tidak mengganggu karyawan lain, dan masih banyak lagi lainnya.

Penting, sebagai pemimpin, jangan pernah membedakan antara karyawan kontrak dan karyawan tetap untuk selalu menjaga keharmonisan.

Dengan 10 tips menjadi atasan yang mampu memotivasi karyawan semangat bekerja diatas, tentunya anda sebagai atasan harus segera membuang jauh peraturan-peraturan yang membuat karyawan malas bekerja. Semoga dalam perencanaan anda dalam membangun perusahaan yang lebih baik lagi, tips diatas dapat berguna.

Simpan

2 pemikiran pada “10 Tips Menjadi Atasan yang Mampu Memotivasi Karyawan

Komentar ditutup.