Kuliah kelas karyawan

Berminat Kuliah Kelas Karyawan? 5 Kampus Terbaik Ini Menyediakannya

Meskipun telah memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap, namun banyak karyawan yang berniat untuk melanjutkan sekolah lagi demi mendapatkan gelar yang diinginkan. Selain itu, dengan bersekolah juga dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik lagi bagi karyawan.

Biasanya karyawan yang menempuh pendidikan lagi akan memperoleh kemudahan di dalam perusahaan tempat ia bekerja berupa peningkatan jenjang karir ataupun bisa mencari pekerjaan lain yang dinilai lebih layak dan sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Solusi yang jitu bagi karyawan yang ingin mendapatkan gelar pendidikan yang lebih tinggi yaitu dengan mengikuti kuliah karyawan yang jadwal kuliahnya berbeda dengan kuliah reguler. Biasanya jadwal kuliahnya adalah sore hari atau malam hari dan ada juga yang diadakan pada hari libur kerja seperti hari sabtu dan hari minggu.

Jadwal untuk kelas karyawan memang dibuat lebih fleksibel guna menyesuaikan dengan jadwal kerja para karyawan. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang menginginkan taraf hidup yang lebih baik agar dapat bertahan hidup di era yang semakin modern ini. Nah, dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan cara yang dapat dipilih untuk mewujudkannya.

Pendidikan kelas karyawan atau yang biasa disebut sebagai kelas ekstensi juga dianggap lebih mandiri karena Anda sudah memiliki penghasilan tetap yang dapat digunakan untuk membiayainya dan Anda pun tidak perlu lagi meminta uang dari orang tua.

Ternyata tidak semua kampus menyediakan kelas karyawan. Anda pun harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kampus yang menyediakan kelas karyawan dan yang menyediakan jurusan yang ingin Anda pilih.

Kuliah kelas karyawan
Image : freeimages.com

Tak perlu repot lagi mencarinya karena berikut ini akan disajikan informasi mengenai daftar kampus terbaik yang menyediakan kelas karyawan.

Yuk langsung saja simak ulasan menariknya.

#1. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan universitas nomor satu di Indonesia ini. Selain, menyediakan kelas reguler, UI juga menyediakan kuliah sabtu minggu untuk karyawan. Banyak sekali anak muda yang ingin bersekolah disini dan seleksinya juga terkenal ketat. Anda pun yang sudah bekerja sebagai karyawan bisa mengambil kuliah ekstensi di sini.

Kuliah karyawan ini diperuntukkan untuk lulusan D3 yang ingin melanjutkan S1. UI sendiri membuka kelas ekstensi untuk fakultas dan program studi seperti yang tertera di bawah ini.

  • Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Ekonomi dengan program studi Ilmu Managemen dan Ilmu Akuntansi
  • Fakultas Ilmu Keperawatan dengan program studi Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan program studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Fiskal, dan Ilmu Administrasi Niaga
  • Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Metalurgi & Material, Teknik Industri, dan Teknik Kimia
  • Fakultas Ilmu Komputer dengan program studi Sistem Informasi

Untuk lebih jelasnya mengenai program studi yang ada di UI, Anda bisa mengunjungi website resminya. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai universitas yang ingin Anda tuju.

Jika Anda ingin menjalankan kuliah ekstensi di kampus ini, tentu saja ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Penasaran apa sajakah itu? Ini dia beberapa syarat yang telah dirangkumkan untuk Anda.

  • Anda harus berasal dari PTN ataupun PTS yang terakreditasi
  • Memiliki IPK minimal 2.0 dari 4.0
  • Untuk Anda yang merupakan lulusan luar negeri harus sudah mendapatkan penilaian minimal sama dengan lulusan sarjana muda yang ada di Indonesia dan telah disahkan oleh Ditjen Dikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk lama kuliah ekstensi D3 transfer ke S1 biasanya mencapai 2 sampai 3 tahun. Usahakan agar Anda bisa lulus dalam waktu 2 tahun agar bisa bergerak lebih cepat untuk mempersiapkan masa depan Anda. Setelah kuliah ekstensi, Anda bisa memutuskan untuk tetap bertahan di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini atau memutuskan untuk mencari perusahaan lain yang lebih bonafit.

Tak perlu ragu lagi dalam mengambil keputusan karena sekarang Anda telah memiliki gelar yang lebih tinggi dan pastinya ilmu yang dimiliki juga bertambah.

Biaya kuliah karyawan di UI berbeda-beda tergantung dari fakultasnya. Berdasarkan Peraturan Rektor UI nomor 025 tahun 2017, biaya pendidikan ekstensi atau pararel tahun 2017/2018 adalah sebagai berikut.

Nama Fakultas Besar biaya BOP/TF Besar biaya UP/AF
Fakultas Teknik Rp 8.500.000 Rp 33.750.000
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Rp 10.000.000 Rp 12.500.000
Fakultas Kesehatan Masyarakat Rp 10.000.000 Rp 12.500.000
Fakultas Ilmu Komputer Rp 11.000.000 Rp 20.000.000
Fakultas Ilmu Keperawatan Rp 8.500.000 Rp 13.000.000

Dengan mengetahui besarnya biaya yang harus dibayarkan saat kuliah, Anda pun bisa menabung mulai dari sekarang juga. Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan kuliah ekstensi di kampus yang paling bergengsi di Indonesia ini?

#2. Universitas Gunadarma

Universitas yang tak kalah bergengsi selanjutnya adalah Universitas Gunadarma. Universitas ini terkenal sebagai universitas swasta terbaik di tanah air. Kampus ini juga menyediakan kuliah paru waktu untuk para karyawan. Tahukah Anda bahwa universitas ini terkenal dengan fasilitasnya yang mewah sehingga tak jarang jika banyak karyawan yang mulai mengincar kampus ini.

Prestasi yang ditorehakn oleh Universitas Gunadarma juga tidak main-main, sudah banyak sekali kejuaraan yang diraih mulai dari tingkat nasional sampai internasional. Tidak dapat dipungkiri bahwa kampus ini memang benar-benar berkualitas.

Lulusan dari kampus ini pun terkenal kompeten untuk bersaing di dunia kerja. Bahkan kampus ini juga menyediakan program internasional yang sangat menjanjikan untuk para lulusannya. Tak heran jika banyak karyawan yang ingin menimba ilmu di kampus ini.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk kuliah karyawan yang ingin transfer dari D3 ke S1 adalah 2 tahun sampai 3 tahun. Jika, Anda bisa lulus dalam kurun waktu 2 tahun tentu akan lebih baik bagi Anda.

Namun Universitas Gunadarma tidak membuka kelas karyawan untuk semua program studi melainkan hanya tertentu saja yang tersedia di kampus Depok dan Kalimalang yaitu Sistem Informasi, Akuntansi, dan Manajemen.  Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa cek sendiri di website resminya.

Untuk biaya uang gedung Fakultas Ekonomi di Universitas Gunadarma terdiri dari tiga tingkatan yaitu tingkat satu mencapai Rp 8.000.000, tingkat dua mencapai Rp 10.500.000, dan tingkat 3 mencapai Rp 13.000.000. Untuk BPP kelas pagi di Fakultas Ekonomi mencapai Rp 1.750.000 dan untuk kelas malam mencapai Rp 2.000.000. Untuk biaya SKS-nya mencapai Rp 150.000/per SKS.

#3. Universitas Mercu Buana

Universitas swasta ini juga layak untuk Anda pilih sebagai alternatif untuk melanjutkan pendidikan. Universitas yang didirikan oleh H. Probosutedjo ini menyediakan kelas karyawan untuk lulusan S1, S2, sampai S3.

Ada beberapa fakultas yang menyediakan kelas ekstensi yaitu Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Universitas Mercu Buana juga terkenal sebagai universitas yang memiliki jurusan Ilmu Komputer terbaik. Tak heran jika banyak yang tertarik untuk masuk jurusan TI di Universitas Mercu Buana.

Universitas ini menyediakan kelas S1 dengan program studi Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Marketing Comunications, Public Relation, Arsitektur, Broadcasting, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Desaign Interior, dan Sistem Informasi.

Untuk jenjang S2 yang tersedia adalah program studi Magister Manajemen, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Elektro, Magister Akuntansi, Magister Ilmu Komunikasi, dan Magister Teknik Sipil.

Nah, untuk jenjang S3 yang tersedia adalah program studi Manajemen Pemasaran, Manajemen  Sumber Daya, dan Manajemen Keuangan.

Anda pun dapat memilih program studi serta jenjang pendidikan yang sesuai dengan kemauan Anda. Untuk waktu kuliah D3 transfer ke S1 biasanya memerlukan waktu 2 hingga 3 tahun.

Biaya kuliah ekstensinya juga relatif terjangkau dan bisa dicicil menjadi beberapa tahap. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda selaku karyawan karena bisa mengumpulkan terlebih dahulu uangnya untuk dibayar tiap bulan.

Estimasi biaya untuk membayar uang pangkal sekitar Rp 15.500.000 dan ini bisa dicicl dan terdapat potongan jika Anda membayar secara kontan. Jika ingin dicicil, biaya pertama yang harus dibayarkan adalah Rp 3.500.000. Untuk setiap SKS-nya dikenai biaya Rp 480.000.

#4. Universitas Bina Nusantara

Universitas Binus di gadang-gadang sebagai universitas swasta yang memiliki jurusan IT terbaik di Indonesia. Bahkan banyak universitas swasta yang meniru metode pembelajaran dari Universitas Bina Nusantara ini.

Sudah terbukti bahwa lulusan IT dari universitas ini begitu disegani dan diunggulkan dalam bekerja. Ya, ini disebabkan tidak lain dan tidak bukan karena sistem pembelajarannya yang sangat baik. Dengan ada keunggulan ini, banyak sekali kawula muda yang tertarik untuk mengambil jurusan IT di Universitas Bina Nusantara.

Tak hanya menyelenggarakan kelas reguler saja, Universitas Bina Nusantara juga menyediakan kuliah sabtu minggu untuk karyawan yang materinya tidak jauh beda dengan kelas reguler.

Program studi untuk kelas karyawan juga beragam, seperti Program Studi Desain, Program Studi Ilmu Komputer, Program Studi Sistem Informatika, dan Program Studi Bisnis & Manajemen. Pilihlah program studi yang sesuai dengan bakat dan minat Anda. Pertimbangkanlah secara matang dalam memilih program studi karena ini menyangkut pendidikan Anda ke depannya dan juga masa depan Anda.

Carilah informasi mengenai program studi yang Anda minati sedetail mungkin. Jika belum mengerti, tanyalah pada teman atau saudara Anda yang mengambil program studi tersebut. Hal ini berguna untuk mengantisipasi terjadinya salah jurusan.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk transfer D3 ke S1 umumnya adalah 2 sampai 3 tahun. Usahakan agar bisa lulus dalam jangka waktu 2 tahun agar Anda bisa berbuat lebih untuk menyongsong masa depan.

Untuk jurusan akuntansi estimasi biaya kuliah karyawan per semesternya mencapai Rp 6.000.000 sampai Rp 11.500.000. Untuk jurusan Business Management biaya per semester yang semestianya dibayarkan sekitar Rp 6.000.000 sampai Rp 12.000.000. Nah, untuk Anda yang mengambil ekstensi D3 transfer ke S1 Program Studi Sistem Informasi, biaya kuliahnya mencapai Rp 4.500.000 sampai 13.500.000.

Biaya tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan dari kampus itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membuka website resmi dari Universitas Bina Nusantara dan pastikan selalu mengecek informasi mengenai biaya dan lain-lain secara berkala. Apakah Anda tertarik menjadi alumni dari Universitas Bina Nusantara? Jika, iya segera daftarkan diri Anda sekarang juga.

#5. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan universitas yang memiliki nilai historis bagi bangsa Indonesia. Dimana telah tagedi terkait mahasiswa Trisakti yang terjadi pada tahun 1988. Setiap tahunnya tragedi tersebut selalu diperingati oleh mahasiswa dan seluruh masyarakat di Universitas Trisakti.

Universitas ini pun dianggap cukup royal terhadap negara Indonesia dengan menyumbang berbagai prestasi baik di bidang akademis maupun non akademis baik itu perlombaan dalam negeri ataupun perlombaan luar negeri.

Universitas yang terkenal ini juga memiliki kuliah paruh waktu yang diperuntukkan untuk para karyawan. Program studi yang ditawarkannya pun sama dengan program studi kelas reguler. Berikut adalah daftar fakultas yang menyediakan kelas karyawan.

  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Teknologi Industri
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi
  • Magister Managemen
  • Pascasarjana Trisakti Internasional Business School.

Untuk informasi lebih detail mengenai kelas Univesitas Trisakti, bisa buka website resminya di trisakti.ac.id.

Untuk lama waktu kuliahnya pun sama yaitu sekitar 2 sampai 3 tahun. Dalam waktu tersebut Anda sudah bisa mendapatkan ijazah S1 dari Universitas Trisakti. Usahakan untuk mencapai IPK yang tinggi agar lebih disegani di dunia kerja dan memperoleh jabatan yang lebih tinggi. Jika sudah lulus Anda pun dapat memutuskan untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut ataupun mencari perusahaan lain yang gajinya lebih tinggi.

Namun, jika Anda ingin membuka usaha sendiri itu merupakan pilihan yang tepat karena dewasa ini banyak yang berpikiran mencari pekerjaan bukan membuka lapangan kerja. Anda pun turut berpartisipasi untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia dan meminimalisir terjadinya tindak kriminal.

Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi tidak hanya identik untuk memperoleh kedudukan yang lebih baik di dalam perusahaan saja, melainkan Anda perlu untuk berpikir bagaimana caranya membuka usaha sendiri agar pendapatan yang diperoleh lebih banyak dan Anda bisa menjadi pemimpin pada usaha yang dikelola sendiri.

Rasanya bekal ilmu di perguruan tinggi sudah sangat cukup untuk mulai mendirikan usaha sendiri. Cobalah cari bidang usaha yang cocok untuk Anda geluti dan masih jarang dijalankan oleh orang-orang. Keahlian semua keahlian Anda dan pengalaman yang sudah Anda dapatkan saat ini untuk memulai sebuah bisnis yang menguntungkan dan memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang.

Menempuh pendidikan di Universitas Trisakti menjadikan Anda lebih matang lagi untuk memberikan inovasi baru di dalam bidang bisnis. Jadi, Anda tidak melulu harus menjadi karyawan lagi setelah berhasil menamatkan S1. Justru mendirikan usaha sendiri akan membuat Anda lebih mandiri dan yang paling penting adalah Anda bisa memajukan perekonomian Indonesia.

Kelas karyawan memang dapat digunakan sebagai alternatif bagi Anda untuk mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi ataupun menambah ilmu untuk mendirikan usaha sendiri nantinya setelah lulus.

Tidak dapat dipungkiri bahwa ilmu memang sangat diperlukan agar tidak mudah diremehkan oleh orang lain dan tetap disegani di dalam dunia kerja. Nah, beberapa universitas yang telah disajikan di atas dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mendapatkan gelar pendidikan yang lebih tinggi.

Universitas-universitas tersebut sudah terbukti menghasilkan lulusan yang kompeten dan disegani di dalam dunia pekerjaan. Jadi, Anda pun tidak perlu ragu lagi untuk mendaftar kelas karyawan di salah satu universitas tersebut. Tentukanlah pilihan Anda sekarang juga, jangan sampai menyesal di kemudian hari.