10 Cara Menjadi Karyawan Berprestasi Apapun Pekerjaannya

Menjadi karyawan berprestasi

Menjadi sukses dan berprestasi apapun pekerjaannya. Memiliki sebuah pekerjaan dengan posisi yang baik tentu saja menjadi salah satu life goals tersendiri bagi anda. untuk mencapai goals tersebut, ada banyak sekali hal yang harus anda lewati terlebih dahulu, salah satunya ialah dengan  mengakalinya dari posisi bawah terlebih dahulu.

Agar bisa mencapai posisi atau jabatan yang lebih tinggi, salah satu cara tercepatnya ialah dengan menjadi seorang karyawan berprestasi. Ya, jika anda bisa menunjukkan keseriusan dan  prestasi anda dalam bekerja, maka atasan pun tidak akan segan-segan untuk menaikan posisi anda untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi.

Yang sering menjadi pertanyaan ialah, bagaimana caranya agar anda bisa menjadi seorang karyawan berprestasi? Tak perlu lagi merasa bingung, karena berikut ini merupakan kiat sukses menjadi karyawan yang berprestasi tidak peduli apa pekerjaan anda.

#1. Memiliki dan menjaga kedisiplinan

Seorang atasan alias bos biasanya akan lebih bisa menghargai dan lebih percaya pada karyawan yang disiplin dalam mengerjakan seluruh tugasnya, maka tidak heran jika karyawan yang sudah terbiasa disiplin akan diingat sebagai karyawan berprestasi tersendiri oleh atasannya.

Mereka yang disiplin juga akan dianggap sebagai orang yang lebih serius dengan pekerjannya, sehingga tidak heran jika akan mendatangkan prestasi tersendiri selama bekerja. Untuk itu, mulailah untuk lebih disiplin mulai dari sekarang. Cukup mulai dengan hal yang sederhana seperti berangkat bekerja lebih cepat daripada sebelumnya, menyelesaikan pekerjaan seperti laporan  lebih cepat dan sebagainya.

#2. Lebih pintar menghargai dan mengatur waktu

Masih cukup berhubungan dengan poin sebelumnya, untuk menjadi seorang karyawan berprestasi anda juga harus lebih pintar dalam menghargai dan mengatur waktu mulai dari sekarang. Mengapa harus demikian? Karena biasanya seorang karyawan memiliki cukup banyak pekerjaan setiap harinya, jika anda memiliki kebiasaan menghabiskan waktu dengan hal-hal yang kurang berguna, maka impian untuk menjadi karyawan berprestasi sulit untuk didapatkan.

Oleh karena itu, kurangilah kebiasaan anda untuk menunda pekerjaan, juga terlalu sering melakukan hal yang tidak berguna seperti bergosip selama berada dikantor. Ya, bergosip atau mengobrol hal-hal tidak penting bersama dengan rekan kerja memang menjadi keasyikan tersendiri, namun tanpa anda sadari hal ini akan banyak sekali menyita waktu anda.

Menjadi karyawan berprestasi

Pelajari cara manajemen waktu yang efektif untuk menunjang kesuksesan Anda. Tidak ada kesuksesan dan prestasi tanpa manajemen waktu yang tepat.

#3. Jangan mudah putus asa

Pekerjaan yang akan anda terima selama berstatus sebagai karyawan memang akan sangat beragam, bahkan ada beberapa diantaranya yang tidak anda bayangkan sebelumnya. Hal ini merupakan proses yang sangat wajar bagi anda yang baru mulai bekerja, sehingga putus asa bukanlah pilihan tepat untuk anda pilih.

Jika dari awal saja anda sudah menunjukkan tanda-tanda mudah putus asa ketika sedang mengerjakan sebuah pekerjaan,  jangan berharap jika anda bisa menjadi karyawan berprestasi nantinya. Ya, prestasi seorang karyawan hanya bisa didapatkan melalui kerja keras dan tidak kenal waktu.

#4. Jangan pernah bekerja setengah-setengah

Ketika anda bertanya kepada seorang atlit yang baru saja menang sebuah kejuaraan tentang kunci mereka dalam meraih kesuksesan tersebut, maka tidak bekerja dan berlatih setengah-setangah akan selalu ada dalam jawaban mereka. Begitu pun yang harus anda lakukan ketika menjadi seorang karyawan, melakukan pekerjaan anda dengan sepenuh hati dan sepenuh tenaga.

Ya, ingin menjadi karyawan berprestasi berati anda sudah harus siap dengan pekerjaan menggunung yang harus diselesaikan. Tersa melelahkan memang, namun demi menyelesaikan kewajiban anda sebagai seorang karyawan, bahkan demi mendapatkan prestasi yang anda inginkan, maka seharusnya tumpukan pekerjaan tidak menjadi masalah yang besar bagi anda.

#5. Menjaga perkataan selalu sopan

Sebaik apapun hasil pekerjaan anda, tidak akan menjadi sempurna jika anda tidak bisa menjaga perkataan anda sebagai seorang karyawan. Ya, adan memang dituntut untuk bisa menghargai atasan anda, dan salah satu cara terbaiknya ialah dengan memastikan seluruh kata yang keluar dari mulut anda merupakan kata yang baik dan sopan.

Cara komunikasi di tempat kerja menjadi kunci kesuksesan Anda di lingkungan tempat Anda bekerja. Jangan pernah remehkan cara komunikasi dengan rekan kerja.

Demi gelar karyawan berprestasi, perkataan yang sopan juga tidak hanya diperuntukkan bagi atasan anda, namun juga bagi sesama karyawan sehingga seluruh karyawan bisa saling menghargai, dan menciptakan suasana kantor yang baik dan nyaman. Jika sudah begini, mengejar prestasi ditempat kerja pun akan menjadi hal yang lebih mudah.

#6. Tidak mendendam dan mudah memberikan maaf

Berada dalam kelompok manusia seperti dalam sebuah kantor memang tidak menutup kemungkinan untuk melakukan salah, atau menerima perlakuan salah dari orang lain. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk lebih bisa memberikan maaf kepada rekan kerja atau pun atasan anda.

Dengan bisa memberikan maaf, tentu saja anda akan merasa lebih tenang ketika sedang bekerja, dan rasa tenang inilah yang bisa membukakan jalan baik bagi anda, salah satunya ialah dengan menjadi karyawan berprestasi dalam waktu dekat atau pun dalam waktu yang akan datang.

#7. Menjiwai ketika bekerja dan menyelesaikan masalah

Untuk bisa menjadi karyawan berprestasi, anda juga harus bisa menggunakan hati ketika melakukan segala pekerjaan. Hal ini akan membuat anda merasa lebih nyaman dan tidak akan merasa terpaksa ketika menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut. Begitu pun ketika sedang ada masalah di kantor, misalnya terjadi konflik dengan rekan kerja di kantor, belum menyelesaikan tugas-tugas kantor. Ada baiknya tetap menggunakan hati nurani anda ketika menyelsaikannya.

Misalnya saja ketika terjadi kesalahpahaman dalam sebuah projek atau pekerjaan, daripada harus berdebat dengan rekan kerja ketika menyelesaikanya, maka akan lebih baik jika anda mampu membicarakannya dengan hati, sehingga masalah tersebut bisa selesai lebih cepat.

Anda harus bisa mencari cara menyelesaikan masalah di tempat kerja dengan tepat dan solutif.

#8. Memiliki inisiatif yang tinggi

Karyawan memang biasanya sudah memiliki pekerjaan sendiri yang harus dilakukan sendiri, namun bukan berarti anda tidak boleh memiliki inisiatif tersendiri dalam mengerjakan pekerjaan yang masih mampu untuk  dikerjakan. Misalnya saja, ada satu dokumen yang belum sempat untuk dicek namun semua orang masih sangat sibuk, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mengecek dokumen tersebut.

Yang pasti, anda juga harus memastikan bahwa dalam mengerjakan pekerjaan tersebut tidak ada orang yang merasa tersinggung atau merasa bahwa pekerjaannya diambil alih oleh anda. Kalau  sudah begini, title karyawan berprestasi tidak akan jauh dari nama anda.

#9. Memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi

Karena bekerja dikantor tidak hanya satu arah pada diri anda sendiri, yakni juga mengarah pada klien, atasan dan rekan kerja, maka komunikasi juga menjadi bagian penting dalam pekerjaan anda. untuk  itu, jika anda memang ingin menjadi karyawan berprestasi maka pastikan bahwa anda sudah bisa berkomunikasi dengan baik.

Jika memang dirasa anda masih memiliki keterbatasan dalam hal komunikasi, maka mulailah untuk memperbaikinya. Tanyakan juga pada rekan kerja anda apakah selama ini anda sudah cukup baik dalam berkomunikasi, juga minta masukan bagaimana sebaiknya agar bisa lebih mudah dalam berkomunikas yang baik di tempat kerja.

Anda bisa membaca artikel sebelumnya berjudul Cara komunikasi yang baik di tempat kerja.

#10. Jangan mudah panik

Dalam pekerjaan memang semuanya bisa terjadi, misalnya saja kesalahan dalam mengecek dokumen atau lainnya. Jika sudah begini, maka hal yang paling mungkin untuk dilakukan ialah tidak panik dan langsung mencari jalan keluarnya.

Setiap kali anda berhasil menyelesaikan masalah yang ada tanpa panik, maka satu prestasi baru sebenarnya sudah anda dapatkan, dan tidak lama lagi julukan karyawan berprestasi akan anda terima.