19 Cara Terbaik Menghindari Konflik Di Tempat Kerja

Cara menghindari konflik di tempat kerja

Cara Terbaik Menghindari Konflik Di Tempat Kerja. Di dalam dunia kerja pasti Anda akan menemukan berbagai hal baru, hal-hal baru yang akan Anda temukan tidak semuanya merupakan sesuatu yang baik. Bahkan Anda akan sering menemukan kendala dan permasalahan, salah satunya adalah adanya konflik dalam tempat kerja Anda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam sebuah kantor atau pekerjaan, seseorang pasti akan menemukan konflik, hanya saja tingkatannya berbeda. Itu semua tergantung pribadi masing-masing dalam menghindari, menghadapi dan menyelesaikan konflik itu sendiri.

Meski begitu sebenarnya ada beberapa cara terbaik menghindari konflik di tempat kerja yang bisa Anda lakukan. Meskipun tidak bisa menjamin Anda akan benar-benar terbebas dari konflik. Setidaknya Anda akan mendapatkan konflik yang tidak terlalu besar.  Apapun penyebab konflik di tempat kerja pasti ada cara untuk menghindarinya, Berikut ulasannya.

#1. Menaati peraturan kantor

Di dalam tempat kerja atau kantor Anda, pasti ada yang namanya peraturan. Sebagai salah seorang bagian dari kantor Anda, tentu Anda memiliki kewajiban untuk menaati peraturan tersebut. Menaati peraturan kantor juga menjadi salah satu cara terbaik menghindari konflik di tempat kerja yang bisa Anda lakukan.

Cara ini juga bisa menghindarkan Anda berkonflik dengan atasan Anda. Orang yang pertama kali bertanggung jawab atas Anda adalah atasan Anda. Bisa saja konflik terjadi saat Anda tidak menaati peraturan kantor Anda.

#2. Berperilaku baik

Tentu saja dimanapun tempatnya, perilaku baik akan menghindarkan Anda dari konflik. Baik itu konflik dengan teman, atasan Anda di tempat kerja dan lain sebagainya. Percaya atau tidak, konflik terjadi dan membesar karena cara penanganan permasalahan yang Anda lakukan tidak benar. Dengan berperilaku baik maka setidaknya resiko Anda mengalami konflik akan berkurang.

Terlebih lagi di dalam kantor, biasanya banyak orang yang melakukan berbagai cara dalam persaingan kerja. Inilah yang kemudian menjadi salah satu sumber konflik dalam lingkup kantor. Anda bisa menjadi salah seorang yang bersaing dengan prestasi Anda di kantor, dan jangan terlalu mencolok untuk menghindari rasa tidak suka dari teman kerja Anda.

#3. Tidak menjadi pribadi yang mencolok

Pada intinya dimanapun Anda berada, sebaiknya Anda mengikuti pola hidup seperti orang-orang di sekitar Anda. Memang terkadang ini sulit untuk dilakukan, namun ini menjadi cara terbaik menghindari konflik. Terlebih lagi di lingkungan tempat kerja Anda, jika kebanyakan orang berpikir A maka sebaiknya Anda juga berpikir A.

Jelas jika Anda memilih untuk berpikir B maka konflik pasti akan terjadi. Tidak selamanya konflik adalah sesuatu yang besar, perbedaan pendapat juga sudah masuk dalam bagian konflik itu sendiri.

Meskipun sebenarnya cukup sulit jika dalam sebuah pekerjaan harus selalu sependapat dengan orang lain. Justru perbedaan pendapat inilah yang akan membuat tempat kerja Anda lebih baik.

#4. Menghargai perbedaan

Cara terbaik menghindari konflik di tempat kerja yang berikutnya dan sebenarnya sangat penting adalah menghargai perbedaan. Seperti yang sudah Anda tahu, selalu sama dalam pendapat di dalam tempat kerja adalah satu hal yang tidak mungkin terjadi.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menghargai perbedaan satu sama lain. Setidaknya jika ada seseorang yang berbeda pendapat dengan Anda, maka hargai saja pendapatnya. Begitu juga sebaliknya, bagaimana teman Anda bisa menghargai pendapat Anda meskipun berbeda dengan mereka.

Cara menghindari konflik di tempat kerja

Jika hal ini berjalan dengan baik di dalam sebuah kantor, maka konflik bisa dihindari. Dan tentu saja setiap permasalahan bisa dihadapi dengan rasa saling menghormati.

#5. Memahami karakter teman kerja

Tuhan menciptakan manusia dengan segala perbedaannya, termasuk karakter dan sifat. Oleh sebab itu cara terbaik menghindari konflik di tempat kerja yang berikutnya adalah dengan memahami karakter teman kerja Anda.

Masing-masing teman Anda memiliki sifat dan karakter yang berbeda, jadi cara memahami mereka juga berbeda, cara menghadapi teman Anda juga berbeda. Disesuaikan dengan karakter masing-masing.

Jika Anda sudah memahami hal ini, maka konflik akan lebih mudah untuk dihindari. Karena Anda bisa bersikap menyesuaikan dengan lawan bicara Anda, dalam hal ini adalah rekan-rekan kerja Anda. Memang dalam cara ini butuh waktu yang mungkin cukup lama dalam memahami karakter masing-masing.

#6. Jangan menghakimi kesalahan orang lain di depan umum

Cara terbaik menghindari konflik di tempat kerja yang berikutnya adalah tidak menghakimi kesalahan orang lain di depan umum. Jika teman atau partner kerja Anda melakukan kesalahan, sebaiknya tidak menghakiminya di depan umum.

Pilih waktu dan lokasi yang tepat untuk meminta pertanggung jawaban atas kesalahannya. Itu pun harus dilakukan dengan cara yang santun, sebisa mungkin tidak menyinggung perasaannya.

Ini sebagian dari cara menghargai teman kerja Anda, meskipun telah melakukan kesalahan bukan berarti harus dipermalukan karena dihakimi di depan umum. Jika Anda sudah mampu melakukan hal ini, itu berarti Anda sudah cukup pandai dalam menghindari konflik.

#7. Dahulukan dukungan dibandingkan kritikan

Di dalam pekerjaan Anda pasti ada kalanya Anda menemukan sebuah perbedaan, mungkin juga rasa tidak puas dengan sesuatu hal. Meski begitu Anda tidak disarankan langsung melontarkan kritikan, terlebih lagi menggunakan bahasa yang kurang baik.

Saat Anda merasa tidak puas dengan sesuatu, setidaknya Anda berikan dulu respon yang baik, baru setelah itu Anda jelaskan kesalahannya di bagian mana. Cara menyampaikannya juga harus dengan bahasa yang baik, tanpa menyakiti perasaan orang lain.

Inilah yang kemudian menjadi salah satu cara menghindari konflik, meskipun ada perbedaan pendapat ataupun rasa kekecewaan.

#8. Memberikan kritik dengan santun

Masih terkait dengan poin sebelumnya, di dalam lingkup kerja pasti akan ada satu dua permasalahan yang tidak sesuai dengan perencanaan. Mungkin kesalahan Anda ataupun kesalahan orang lain.

Dalam hal ini jika memang Anda harus melontarkan sebuah kritikan, sebaiknya menyampaikannya dengan cara yang santun. Sebisa mungkin kritik yang Anda berikan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Dalam pekerjaan, kritikan memang salah satu hal yang membangun, namun jika disampaikan dengan cara yang kurang baik, justru akan menimbulkan konflik. Inilah yang harus Anda hindari.

Cara penyampaian kritik yang kurang baik pasti akan menjadi konflik, jika sudah begini akan lebih sulit dalam mencari solusi dalam menyudahi konflik itu sendiri.

#9. Berkomunikasi dengan santun

Cara berkomunikasi di tempat kerja seseorang juga terkadang menjadi sumber terjadinya konflik. Oleh sebab itulah sebaiknya Anda belajar berkomunikasi dengan santun. Sebenarnya jika Anda memang terbiasa berkomunikasi dengan santun, maka Anda sudah tidak perlu lagi belajar tentang hal ini.

Namun setidaknya di dalam dunia kerja Anda bisa lebih berhati-hati dalam berkomunikasi. Bagaimana menggunakan bahasa yang baik, nada dan juga tata bahasa yang santun.

Meskipun kurang diperhatikan, sebenarnya cara berkomunikasi menjadi salah satu penyebab munculnya konflik yang sering terjadi. Perlu Anda ingat tidak semua orang sama dengan Anda, mungkin Anda orang yang suka bercanda, bahasa tidak sopan tidak masalah untuk Anda, tapi belum tentu untuk orang lain.

#10. Menjaga emosi

Harud diakui terkadang dunia kerja memang menjadi salah satu hal yang cukup menyebalkan, terlebih lagi jika sedang terlibat masalah di tempat kerja. Entah itu kerjaan yang tidak kunjung selesai, deadline yang tidak masuk akal dan lain sebagainya.

Hal ini benar-benar menuntut kesabaran Anda, dan Anda harus terima itu. Kecuali Anda bersedia masuk ke dalam sebuah konflik karena tidak mampu menjaga emosi.

Sebenarnya menahan emosi juga masuk dalam jenis konflik, yaitu konflik dengan diri Anda sendiri, namun setidaknya jika yang Anda rasakan adalah konflik pribadi, resolusi konflik yang harus Anda lakukan lebih mudah. Dan tidak ada resiko konflik yang lebih besar.

#11. Menciptakan suasana yang positif

Masing-masing orang memiliki cara yang berbeda dalam menciptakan suasana yang positif, termasuk dalam lingkungan pekerjaan. Suasana yang positif bisa dibuat untuk saling mengakrabkan satu sama lain. Pada dasarnya lingkungan kerja yang baik dimulai dari suasana yang positif. Dimana Anda bisa bercengkerama dengan teman kerja Anda , begitu juga sebaliknya.

Memang dalam menciptakan suasana yang positif terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi dalam tempat kerja yang baru. Namun jika kesadaran sudah muncul dari semua orang, maka suasana yang positif akan mudah tercipta.

#12. Menjaga suasana yang kondusif

Dalam kenyataannya dunia kerja memang terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Permasalahan demi permasalahan pasti akan muncul, tinggal tergantung bagaimana Anda bisa menyikapi setiap permasalahan yang ada dan menjaga suasana kerja tetap kondusif.

Baca juga : 10 Cara jitu mengatasi masalah di tempat kerja

Persaingan kerja pasti ada, tapi harus Anda sikapi dengan bijak. Bagaimana Anda mampu bersaing dan menanggapi persaingan dengan cara yang bijak. Sehingga tercipta kondisi yang kondusif.

Dengan keadaan seperti ini maka akan meminimalisir terjadinya konflik. Konflik dengan teman kerja Anda akan membuat lingkungan kerja menjadi tidak kondusif dan bisa jadi mengganggu teman Anda yang lainnya. Inilah yang perlu dihindari.

#13. Jangan bawa masalah pribadi ke tempat kerja

Ini adalah permasalahan yang sering terjadi di tempat kerja, dan seringkali menjadi sumber konflik. Setiap orang pasti memiliki permasalahan di luar pekerjaan, tapi akan lebih baik jika tidak dicampur adukan dengan masalah pekerjaan, apalagi dibawa ke tempat kerja.

Masalah pribadi yang dibawa ke tempat kerja pasti akan menjadikan suasana tidak kondusif, tidak jarang menjadi konflik. Baik dengan teman Anda, atasan Anda atau siapapun.

Bijaksanalah dalam menanggapi setiap permasalahan yang ada, disini profesionalitas Anda benar-benar diuji, ketika tidak membawa masalah pribadi ke tempat kerja Anda. Ini juga menjadi salah satu cara terbaik menghindari konflik di tempat kerja yang harus Anda lakukan.

#14. Menyelesaikan masalah secepat mungkin

Satu hal yang tidak mungkin jika Anda berharap tidak akan menemukan permasalahan di dalam tempat kerja Anda. Permasalahan pasti ada, hanya saja tergantung pada bagaimana Anda menyelesaikannya. Masalah di tempat kerja tidak harus berujung pada konflik, asalkan Anda mengatasinya dengan benar.

Salah satu cara menyelesaikan masalah di tempat kerja adalah dengan menyelesaikannya secepat mungkin. Masalah yang diselesaikan dengan cepat akan mengurangi resiko terjadinya konflik dan permasalahan yang lebih besar.

Hanya saja dalam menyelesaikan masalah tersebut Anda juga perlu memperhatikan banyak hal, tidak boleh gegabah. Terutama dalam berkomunikasi dan menjaga ego dalam masalah yang Anda hadapi.

#15. Tidak pilih kasih

Ini adalah kenyataan yang sering terjadi di dalam dunia kerja. Jika Anda memiliki wewenang dalam mengawasi atau mengatur banyak orang, maka sebisa mungkin Anda mengedepankan keadilan, jangan sampai Anda pilih kasih karena berbagai alasan, apalagi karena alasan pribadi. Pilih kasih bisa berujung pada konflik, dimana akan ada orang yang merasa diperlakukan tidak adil.

Jika Anda ada di posisi yang sama, Anda juga pasti akan menunjukkan rasa kecewa Anda, entah dengan cara apa. Inilah yang kemudian memicu terjadinya konflik di tempat kerja. Jadi bersikap adil dan tidak pilih kasih adalah salah satu cara terbaik menghindari konflik di tempat kerja yang benar-benar harus dijalankan.

#16. Jangan terlalu banyak bicara

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan, namun jarang disadari. Saat seseorang banyak bicara ada kemungkinan orang akan tersinggung dengan pembicaraan tersebut. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya konflik, baik disadari ataupun tidak. Bagaimanapun caranya akan lebih baik jika Anda tidak terlalu banyak bicara. Bicaralah seperlunya saja, saat Anda memang harus berbicara.

Anda bisa menunjukannya dengan cara lain, misalnya dengan melakukannya. Jadi ada istilah sedikit bicara banyak bekerja. Dibandingkan Anda melakukan pembicaraan yang tidak penting, lebih baik Anda tunjukan dengan melakukan pekerjaan yang memang jadi kewajiban Anda. Dari sini orang akan menilai siapa Anda, dan tentu saja hal ini bisa meminimalisir terjadinya konflik akibat salah bicara.

#17. Tidak sombong

Biasanya di dalam lingkup pekerjaan, ada yang namanya reward, jenjang karir dan sebagainya. Jika Anda sudah sampai pada salah satu prestasi di tempat kerja Anda, jangan sekalipun Anda merasa paling hebat, apalagi menyombongkan diri.

Bisa jadi ada beberapa teman kerja Anda yang merasa tidak suka dengan keberhasilan Anda, terlebih lagi jika Anda malah mengumbar kesombongan di atas keberhasilan Anda.

Hal ini bisa menjadi pemicu utama munculnya konflik antara Anda dan teman kerja Anda. Jadi alangkah lebih baik jika Anda mampu bersikap bijak setelah prestasi atau keberhasilan Anda di dalam tempat kerja. Tentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

#18. Saling membantu antar rekan kerja

Seperti apapun persaingan Anda di dalam dunia kerja, sebaiknya Anda memang saling membantu satu sama lain. Hal ini akan menciptakan kondisi yang kondusif di tempat kerja Anda. Dengan saling membantu maka rasa saling menghargai dan menghormati akan muncul dengan sendirinya.

Jika sudah demikian maka akan lebih mudah untuk menghindari konflik satu sama lain. Saling membantu juga akan memudahkan Anda, saat Anda membutuhkan bantuan rekan kerja Anda, mereka tidak sungkan untuk membantu. Intinya Anda juga harus membantu teman kerja Anda yang membutuhkan bantuan.

#19. Jangan sepelekan masalah kecil

Ini yang terkadang sering terjadi namun tidak disadari. Perlu Anda ketahui, terkadang masalah yang Anda anggap kecil atau sepele, ternyata memiliki arti yang besar untuk teman Anda. Sekecil apapun masalah yang ada, jangan pernah menganggap itu sebagai sebuah hal yang sepele. Selesaikan secepat mungkin dan dengan cara yang terbaik.

Inilah kadang-kadang yang menjadi sumber konflik, permasalahan kecil yang sebenarnya cukup berarti untuk orang lain. Ini juga menjadi arti penting Anda mengenal dengan baik teman kerja Anda.

Dari sekian banyak cara menghindari konflik di tempat kerja seperti yang sudah dijelaskan di atas, yang terbaik adalah bagaimana Anda bisa bersikap sebagaimana tempatnya. Tidak  berlebihan dan berperilaku baik dimanapun tempatnya.

Satu pemikiran pada “19 Cara Terbaik Menghindari Konflik Di Tempat Kerja

Komentar ditutup.